Cara etis berkomunikasi di grup WhatsApp


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabat Mitra paytren di manapun Anda berada. Era sekarang adalah zaman yang sangat mudah untuk berkomunikasi. Kita bisa berkomunikasi lintas daerah bahkan lintas negara dengan menggunakan aplikasi chatting yang bernama WhatsApp. Aplikasi ini begitu booming dan hampir di gunakan oleh setiap orang dari berbagai macam usia. Baik mereka yang muda maupun yang tua.

Di dalam aplikasi WhatsApp ini tersedia sebuah fitur yang dinamakan grup WhatsApp. Saya yakin teman-teman semua Mitra paytren juga mengikuti berbagai macam grup WhatsApp. Baik itu group pekerjaan, karir maupun sosialita. Nah di sini saya ingin mengajak anda untuk berpikir sejenak dan merenung.

Misalkan ada dua orang tua yang sedang berbicara di depan Anda. Kemudian tiba-tiba ada muncul dan memotong pembicaraan mereka. Kira-kira Apa yang akan terjadi dan pantaskah hal itu dilakukan? Di dalam grup WhatsApp terutama grup WhatsApp yang komunitas atau isinya adalah orang-orang tua atau Era 80-an ke atas biasanya belum terlalu memahami pola interaksi anak di zaman sekarang. Hal ini membuat mereka mudah tersinggung dengan hal-hal kecil yang terkadang tidak sengaja kita lakukan.

Oleh karena itu jika kita ingin bercanda atau bahkan ketika kita ingin mengobrol di dalam grup WhatsApp kita harus memperhatikan siapa saja yang ada di dalam grup tersebut. Jika grup tersebut hanya berisi anak-anak muda yang saling memahami dan mengerti pola interaksi zaman sekarang mungkin kita lebih longgar dan lebih santai dalam berkomunikasi.

Akan tetapi jika yang berada di dalam grup tersebut adalah orang dengan berbagai macam latar belakang dan usia, maka anda sebagai orang yang lebih muda harus sedikit berhati-hati. Kita harus memahami karakter dari setiap orang yang ada di dalam grup tersebut ketika kita ingin memberikan sebuah komentar ataupun argumen.

Karena bisa saja kesalahan yang tidak kita sengaja atau bahkan gurauan yang tidak sengaja kita lontarkan bisa memicu permasalahan yang berkepanjangan. Yang berbahaya adalah ketika kita tidak sengaja berkomentar dan menyinggung salah satu anggota grup A dan grup ini adalah group karir atau pekerjaan.

Tentunya di dalam sebuah pekerjaan atau kantor jika ada sedikit gesekan antara satu dan yang lainnya akan membuat kita kurang nyaman dalam bekerja. Padahal terkadang masalah yang muncul adalah masalah yang begitu kecil yang tidak sengaja kita lakukan yang terkadang niatnya hanya gurauan di dalam grup WhatsApp. Oleh karena itu saya harapkan teman-teman mulai memahami dan berhati-hati dalam berkomunikasi ketika menggunakan grup WhatsApp.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya semoga bermanfaat.

# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar

Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara etis berkomunikasi di grup WhatsApp"

Posting Komentar