Cara Membuat Artikel yang Berkualitas

Gimana ya caranya membuat artikel yang baik dan berkualitas itu?

Artikel berkualitas memang diidamkan oleh semua orang, bukan hanya oleh para blogger akan tetapi juga para pembaca. karena artikel yang berkualitas itu akan sangat enak dibaca mudah dipahami bahkan hanya dengan satu kali baca.

Untuk membuat artikel yang berkualitas tidak bisa hanya dengan membaca teori, juga tidak bisa membuat artikel berkualitas hanya dengan memahami isi teori. Karena untuk membuat artikel berkualitas kita butuh jam terbang.

Semua penulis pernah membuat artikel yang tidak berkualitas. Saya punya teman seorang penulis, ketika dia masih pemula, untuk menampilkan satu artikel di dalam koran atau media dia harus membuat sampai 25 kali editing, bahkan 25 kali kirim artikel baru dia diterima. Ini adalah proses belajar, ketika anda sering menulis maka anda akan mulai membiasa untuk menuangkan ide anda secara runtut, rapi, terstruktur dan berurutan.

Buruknya sebuah artikel belum tentu berasal dari buruknya sebuah ide, bahkan jika ide anda ditulis oleh seorang penulis profesional dengan improvisasi yang dia miliki bisa saja ide anda itu akan menjadi ide yang berkualitas.

Penyebab dari penulisan artikel kita sehingga dianggap tidak berkualitas adalah tidak runtutnya antara induk kalimat dengan anak kalimat, tidak runtutnya kronologi antara satu kejadian dan kejadian yang lainnya, sehingga suatu kejadian dan kejadian selanjutnya tidak tersambung. Kita tidak menulis dengan alur yang jelas sehingga tidak ada klimaks dalam kalimat.

Artikel yang berkualitas juga harus memiliki tanda baca yang jelas, baik titik, koma maupun tanda tanya.  Karena orang membaca artikel itu seperti orang mendengarkan kawannya yang sedang berbicara. kalau kawan bicaranya tidak jelas dalam menjelaskan sesuatu. maka akan menyulitkan pemahaman dari pendengarnya.

Jika anda mau menulis artikel yang berkualitas tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan selain belajar menulis dan juga memahami fungsi dari tanda baca. belajar memilih diksi kata dalam menyusun sebuah artikel.

Setelah anda membuat sebuah artikel baca kembali apa yang telah anda tulis. Kemudian perbaiki tanda baca, diksi kata, dan juga panjang pendek dari paragraf dalam kalimat yang anda tulis. paragraf terbaik itu berisi 5 baris yang berisi 1 sub ide dari ide dasar yang akan anda sampaikan.

Buatlah kerangka penulisan. sehingga paragraf tidak berulang-ulang dan memusingkan para pembaca. mungkin ini sedikit tips penulisan dari saya untuk membuat artikel yang berkualitas. Tapi tips ini bukanlah jaminan anda bisa sukses dalam membuat sebuah artikel yang berkualitas.
karena yang menilai bukan diri kita. akan tetapi pembaca kita. salah satu cara yang paling mudah untuk menilai artikel kita berkualitas atau tidak adalah suruh teman kita untuk membaca karya tulis kita. Jika dia paham hanya dalam sekali baca maka artikel kita sudah berkualitas semoga bermanfaat.

Sudah saatnya kita tidak hanya mementingkan kuantitas tapi juga kualitas artikel yang kita buat, sepakat ya kawan hehe

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Artikel yang Berkualitas"

Posting Komentar