Tenang Saja Masa Depanmu tidak Ditentukan oleh Masa Lalumu

Masa depanmu tidak ditentukan oleh masa lalumu

Saya terinspirasi oleh sebuah acara di Metro TV dan setelah saya renungi memanglah benar jika masa depan kita tidak ditentukan oleh masa lalu kita.

Kita tidak usah menyesali dari mana kita berada. kita tidak perlu menangisi jika kita tidak dilahirkan dari kalangan orang yang berada. Kita tidak perlu terlalu lama meratapi apa yang telah kita lakukan dahulu, siapa kita dahulu dan kesalahan apa saja yang telah kita lakukan dahulu.  menyesal itu adalah sebentar, arti menyesal yang sebenarnya itu adalah tidak melakukan kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Baik sekarang maupun besok dan selanjutnya.  Sehingga menyesal bukanlah hanya meratap dan menangis saja.

Menyesal adalah pengubahan diri, dari sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang baik. Sehingga menyesal itu adalah waktu yang diperlukan untuk memperbaiki diri. Sungguhlah dusta jika kita mengatakan menyesal dengan menangis sejadi-jadinya, tapi kita masih melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Kita kembali kepada topik pembicaraan, Masa lalu kita itu menentukan masa sekarang kita, apa yang kita lakukan pada waktu yang lampau, waktu yang terdahulu itu menentukan pada masa sekarang ini. sehingga jika kita masih menjadi pribadi yang gagal, masih menjadi pribadi yang lemah berarti itu kesalahan masa lalu kita.

Disini adalah saat yang tepat, disini adalah saat yang terbaik untuk membenahi diri, untuk mengkoreksi kesalahan apa saja yang telah kita lakukan pada masa lampau. sehingga kita masih menjadi orang yang biasa-biasa saja di waktu sekarang ini. Itulah yang dinamakan menyesal. Menyeasl itu dengan memperbaiki diri dan mengintrospeksi dari segala kesalahan yang terdulu telah kita lakukan.

Menyesal itu tidaklah membutuhkan waktu yang lama, sebulan, dua bulan, setahun atau dua tahun. Akantetapi menyesali itu hanya membutuhkan waktu sepersekian detik saja.  Kemudian kita bangkit berbenah dan mulai menjadi pribadi terbaik dan memperbaiki diri untuk masa depan kita. Karena masa depan itu tidak ditentukan oleh masa lalu kita,  tapi masa depan ditentukan oleh masa sekarang.

Apa yang kita lakukan sekarang, apa yang kita perjuangkan sekarang dan apa yang telah kita rencanakan sekarang itulah yang akan menentukan masa depan kita. Ada satu hal lagi yang perlu kita benahi dalam diri kita ini.  Buanglah kata andai saja, andai saja dulu saya tidak melakukan ini, andai saja saya dulu tidak begini, andai saja dulu saya tidak begitu.  Buang kata itu karena itu bukanlah kalimat penyesalan, karena menyesal itu hanya diucapkan dari hati kemudian kita memperbaruhi diri dengan perilaku dan perbuatan.

Ingatlah kawan kata itu bukanlah kalimat penyesalan tapi hanyalah bisikan-bisikan setan yang membuat diri kita tidak bangkit. namun justru akan membuat diri kita semakin terpuruk dan tidak memperbaharui diri menjadi lebih baik. Jika kita memang menyesali perbuatan kita yang telah kita lakukan pada tempo yang lalu, maka perbaikilah diri kita sekarang ini. Kemudian buatlah rantai yang lebih baik, lebih matang untuk masa depan. Inilah definisi penyesalan dari saya, Sesungguhnya sikap menyesal itu bukan meratap terlalu lama tapi menyesal itu adalah bangkit dan memperbaiki diri.

 Saatnya diskusi kawan, Apa arti menyesal menurut kalian kita berbagi dan saling memotivasi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tenang Saja Masa Depanmu tidak Ditentukan oleh Masa Lalumu"

Posting Komentar