Mahasiswa Harus Punya Usaha Sendiri

Mahasiswa mandiri itu lebih keren dan prestisius

Mahasiswa punya usaha itu adalah sebuah keharusan. Bukan hal yang tabu lagi jika mahasiswa kuliah sambil jualan. Jualan apa saja yang penting halal. Mulai dari jualan susu kedelai, jagung bakar, jualan es teh, nasi anggkringan, nasi kucing, jualan cendol dan banyak lagi. Ada juga mahasiswa yang jualan online. Biasanya jualan  batik, kaos, alat kecantikan, supplement dan lain-lain.

Dua tipe mahasiswa diatas adalah calon pengusaha sukses dimasa yang akan datang. Karena secara tidak langsung dia sudah mulai membaca segmentasi pasar. Mulai bisa membaca apa yang sedang dibutuhkan pasar.

Dan tahukah kamu jika kampus adalah pasar yang tidak pernah berhenti. Satu angkkatan wisuda angkatan yang lainya akan datang menggantikan. Fase ini selau berulang-ulang, namun sangat disayangkan karena hanya sedikit sekali mahasiswa yang memahami potensi bisnis yang ada di kampus. 

Ada juga yang sebenarnya memahami potensi bisnis yang ada dikampus akan tetapi malu untuk menjalankan bisnis tersebut. Iya ini adalah masalah utama yang dialami oleh para mahasiswa. Malu, gengsi dan ribuan kata tidak motivatif lainya. Mungkin kamu pernah mengikuti atau setidaknya pernah melihat sebuah bazaar yang diadakan dikampus. 

Yaitu bazaar yang diadakan sebagai co syarat kelulusan dari mata kuliah tertentu. Disitu anda akan melihat betapa sebenarnya mahasiswa itu sangatlah kreatif dan inovatif.

Akan ada banyak sekali varian menu, makanan, maupun ide kreatif lainya yang disajikan di stand mereka. Dan anehnya bazaar yang dulunya hanya dijadikan sebagai co syarat kelulusan itu justru laris manis diserbu oleh pembeli. Dan ada juga yang dijadikan ide bisnis oleh masyarakat dan diaplikasikanya.

Yang sukses justru masyarakat yang dulunya hanya sebagai pembeli. Dan mahasiswa hanya mendapatkan nilai kelulusan. Ia hanya itu, nilai kelulusan dari mata kuliah dari kewira usahaan atau mata kuliah yang lainya. 

Itulah gambaran sedikit tentang bagaimana kita sebagai mahasiswa banyak sekali menyia-nyiakan kesempatan ini. itu adalah sedikit potensi offlinya yang disia-disiakan oleh kita yang sedang dan telah menempuh sebuah mata kuliah. Atau sedang mengejar gelar sarjana.

Menjadi sarjana impian dengan penghasilan sendiri itu hebat


# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mahasiswa Harus Punya Usaha Sendiri"

Posting Komentar